Sunday, June 9, 2019

Ini Alasan Mengapa Tubuh Anda Membutuhkan Zat Besi

Zat besi merupakan zat yang tidak kalah pentingnya yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Zat besi merupakan zat mineral yang sangat penting, didalam tubuh zat besi bisa melakukan beberapa hal seperti : menjaga tubuh supaya terhindar dari anemia, menjaga kesehatan sel-sel tubuh, rambut, kuku dan kulit.Zat besi merupakan mineral alami yang bisa kita peroleh pada makanan dan juga tersedia dalam bentuk supplemen. Zat besi merupakan komponen utama pada hemoglobin bagian dari sel darah merah yang sangat penting..

Selain itu juga zat besi berguna untuk metabolisme tubuh, untuk pertumbuhan dan perkembangan normal sel-sel tubuh dan juga berperan didalam pembentukan hormon dan jaringan ikat..

5 ALASAN MENGAPA TUBUH MEMBUTUHKAN ZAT BESI..

1. Kekurangan Zat Besi Bisa Menyebabkan Amenia

Tubuh kita membutuhkan oksigen yang cukup, dan itu diperoleh dari sel darah merah. Komponen utama pembentuk sel darah merah adalah hemoglobin yang mengandung zat besi. Oleh karena itu zat besi merupakan komponen utama yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah sebagai pembawa oksigen keseluruh sel tubuh..

Nah jika kekurangan sel darah merah biasa disebut dengan anemia defisiensi (kekurangan) zat besi.Pada seorang wanita ketika ia sedang menstruasi bisa menyebabkan kekurangan zat besi. Terutama ketika kondisi volume darah yang keluar cukup banyak atau juga saat kondisi jangka waktu menstruasi yang cukup lama..

2. Kurang Zat Besi Menyebabkan Kerontokan Pada Rambut

Kekurangan zat besi pada tubuh Anda bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Untuk mengatasinya bisa mengkonsumsi makanan sehari-hari yang mengandung zat besi seperti : tiram, kerang, polong-polongan, dan bayam..

3. Zat Besi Membantu Dalam Proses Belajar

Kekurangan zat besi bisa berdampak kepada gangguan proses belajar seseorang, karena zat besi bisa meningkatkan kemampuan seseorang dalam proses belajar, berpikir dan daya ingat..

4. Kekurangan Zat Besi Menyebabkan Kelelahan

Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa zat besi merupakan komponen utama dalam pembentukan sel darah merah.  Apabiala kekurangan zat besi, maka proses pembentukan sel darah merah akan bermasalah yang mengakibatkan tubuh akan kekurangan oksigen. Hal inilah yang membuat tubuh akan menjadi cepat lelah dan lemah..

5. Zat Besi Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Pada saat kehamilan zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga janinnya. Karena bila ibu hamil kekurangan zat besi bisa berbahaya dan menyebabkan bayinya bisa lahir prematur, berat badan yang kurang, dan bayi bisa terkena infeksi bahkan sampai kepada kematian bayi..

MAKANAN YANG KAYA AKAN KANDUNGAN ZAT BESI..!!

Apabila Anda tidak ingin kekurangan zat besi, beberapa makanan dibawah ini bisa memenuhi kebutuhan harian zat besi pada tubuh Anda.

*Hati

Hati ayam memang terkenal mengandung kolesterol yang tinggi. Tetapi jangan dianggap hati ayam tidak memiliki kandungan nutrisi sama sekali. Hati ayam kaya akan kandungan zat besi, selain itu juga banyak mengandung protein, Vitamin A, vitamin C, dan juga beragam mineral lainnya..

Walaupun begitu tetap saja Anda harus mengontrol makan hati ayam atau sapi, sebaiknya diperhatikan takarannya jangan terlalu makan berlebihan supaya kadar kolesterol tubuh tidak naik. Jadi harus pintar-pintar dalam mengkonsumsi makanan ini..

*Bayam

Sayuran yang satu ini tidak hanya kaya akan serat, vitamin dan kalsium saja. Bayam juga mengandung zat besi dalam jumlah yang tinggi. Di dalam 1 mangkuk bayam terdapat lebih dari 6 mg zat besi. Anda bisa mengkonsumsi bayam ini dengan cara di tumis atau direbus supaya memudahkan tubuh menyerap nutrisi yang terdapat didalamnya..

*Tiram

Makanan laut seperti tiram, kerang, cumi-cumi merupakan hidangan laut yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Untuk setiap takaran tiram ukuran sedanag bisa memberikan sekitar 5 mg zat besi. Selain zat besi tiram juga kaya akan kandungan nutrisi penting seperti vitamin B12 dan zinc. Bila Anda tidak menyukai tiram bisa diganti dengan mengkonsumsi ikan tuna atau salmon..

Tetapi patut di ketahui juga, makanan seafood mengandung kolesterol tinggi, jadai berhati-hatilah didalam mengkonsumsi makanan ini, jangan sampai berlebihan..

Selain beberapa makanan yang disebutkan diatas, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan akan zat besi dari beberapa makanan seperti : kacang kedelai, biji labu, polong-polongan, biji wijen, dan juga sereal..

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon