Sunday, June 9, 2019

Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Perut Kembung

Perut kembung adalah ketika dimana Anda mengalami tekanan yang berlebih didalam perut. Perut kembung bisa disebabkan oleh berbagai hal yang sederhana, seperti : makan terlalu cepat, merokok, minum dengan menggunakan sedotan, terlalu banyak makan brokoli mentah, dan lain sebagainya..

Perut kembung disebabkan karena terlalu banyak kandungan gas didalam cerna dan asupan garam yang berlebih. Asupan garam ini bisa menyebabkan cairan didalam lambung menumpuk atau tertahan, hal inilah yang menyebabkan perut menjadi kembung..

Selain itu, ketika makanan yang Anda makan adalah jenis makanan yang sulit dicerna, maka makanan tersebut akan berada didalam lambung lebih lama. Kemudian bakteri didalam saluran pencernaan bisa memanfaatkan kandungan gula yang ada pada makanan tersebut, memecahnya dan kemudian menghasilkan gas, yang bisa menyebabkan perut kembung..

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa menyebabkan perut kembung :

  • Jenis Sayuran tertentu. Sayuran seperti kubis, kol, dan brokoli adalah jenis sayuran yang sulit dicerna oleh tubuh, dikarenakan sayuran ini mengandung zat sulfur dan karbohidrat yang disebut raffinose. Untuk mengurangi efek kembung yang disebabkan oleh sayuran ini, sebaiknya cara penyajiannya dimasak, karena bila dimasak raffinose akan dipecah sehingga bisa mengurangi efek kembung. Selain itu kacang-kacangan yang dipanggang juga bisa menyebabkan peru kembung.
  • Produk Susu. Pada sebagian orang keju, mentega dan yogurt bisa menyebabkan perut kembung. Produk susu ini berpengaruh terhadap orang yang mengalami intoleransi laktosa. Orang yang mengalami intoleransi laktosa tidak bisa mencerna produk susu dengan baik dipencernaannya. Sehingga laktosa akan menumpuk dan meningkatkan produksi gas didalam saluran pencernaan.
  • Makanan Berlemak. Makanan berlemak adalah jenis makanan yang paling lama meninggalkan lambung, dibandingkan dengan karbohidrat dan protein. Oleh karena itu makanan berlemak bisa menyebabkan perut kembung.
  • Junk Food. Junk food merupakan makanan yang tinggi akan lemak, kadar gula dan garam. Maka makanan ini sudah pasti bisa menjadi penyebab perut kembung.

MAKANAN YANG BISA MENGURANGI PERUT KEMBUNG

Selain makanan yang bisa menyebabkan perut kembung, penulis juga akan memberikan beberapa makanan yang bisa mengurangi perut kembung.

Serat

Serat sangat baik untuk saluran pencernaan. Makanan berserat bisa didapatkan dari sayur-sayuran, buah-buahan, gandum dan beras merah.

Jahe, kunyit dan peppermint

Ketiga bahan herbal diatas bisa mengurangi sensasi perut kembung.

Prebiotik dan Probiotik

Asparagus dan oat (sejenis gandum) adalah makanan yang bisa dijadikan sumber prebiotik alami, sedangkan probiotik alami dapat diperoleh dari yogurt, tetapi perlu diperhatikan untuk penderita intoleransi laktosa untuk tidak mengkonsumsi yogurt, karena malah akan memberikan efek sebaliknya..

Apakah Anda mengalami perut kembung? sebaiknya perhatikan makanan yang dikonsumsi sesuai dengan penjelasan diatas.  Semoga tulisan kali ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian..


EmoticonEmoticon