Sunday, June 9, 2019

Anda Mengalami Kram Kaki Saat Hamil? Begini Solusinya!

Salah satu hal yang paling sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah masalah kram kaki. Terutama pada saat kehamilan di trimester dua dan tiga. Ketika kram kaki menyerang pada siang hari pastinya akan mengganggu aktivitas. Apabila kram kaki terjadi pada malam hari pastinya akan mengganggu tidur ibu hamil..

Penyebab Ibu Hamil Mengalami Kram Kaki..!!

Kram kaki pada ibu hamil terjadi kemungkinan dikarenakan kelelahan kaki yang membawa beban tubuh dari hari ke hari selama kehamilan. Selain itu juga, kram kaki bisa terjadi karena kondisi perut ibu hamil yang semakin membesar dan menekan pembuluh darah yang mengarah balik kejantung dan juga saraf yang ada didekatnya..

Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan ibu hamil untuk meringankan kram pada kaki :

  • Hindari pada saat duduk atau berdiri dengan posisi kaki yang menyilang dalam jangka waktu yang lama
  • Lakukan latihan peregangan kaki beberapa kali pada saat siang hari dan juga pada saat mau tidur dimalam hari
  • Cobalah melakukan gerakan berputar pada tumit dan juiga jari-jari kaki pada saat sedang duduk, makan atau menonton televisi
  • Usahakan setiap hari dibiasakan berjalan kaki, kecuali ada intstruksi khusus dari bidan atau dokter Anda yang tidak memperbolehkan terlalu banyak berjalan dikarenakan kondisi tertentu pada diri ibu hamil.
  • Jangan terlalu banyak beraktivitas yang terlalu berat yang bisa membuat kondisi ibu hamil cepat lela
  • Minum air putih yang banyak untuk menjaga asupan air putih yang cukup dalam tubuh selama hamil
  • Mandilah dengan air hangat pada malam hari sebelum tidur untuk melemaskan otot Anda

Ada beberapa sumber yang menganjurkan untuk memberikan magnesium untuk mengurangi kondisi kram pada kaki saat hamil, tetapi ada juga yang menyebutkan supplemen magnesium tidak berpengaruh secara signifikan untuk mengurangi kondisi kram kaki ibu hamil..

Sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada bidan atau dokter sebelum mengkonsumsi supplemen magnesium tersebut..

Cara meredakan keluhan kaki saat hamil..

Untuk meredakan keluhan kaki kram saat hamil adalah dengan cara melakukan peregangan pada otot yang mengalami kram, coba luruskan kaki dan tumit terlebih dahulu kemudian tekuk jari-jari kaki kearah punggung kaki. Ketika Anda melakukan ini mungkin pada awalnya Anda akan merasa kesakitan, namun perlahan kram pada kaki Anda akan mereda dan rasa sakit yang diakibatkan kram ini perlahan akan menghilang..

Bagaimana bila kram kaki pada saat hamil terjadi secara terus menerus dan tidak mau hilang?

Bila Anda mengalami hal ini, kaki kram secara terus menerus pada saat hamil dan tidak bisa hilang, sebaiknya langsung mengkonsultasikan ke bidan atau dokter, dan terjadi pembengkakan, kemerahan, nyeri yang hebat atau juga terasa hangat di kaki yang sedang kram, ada kemungkinan terjadi penggumpalan darah pada kaki. Kejadian ini sebenarnya jarang terjadi, tetapi bisa jadi insidennya meningkat pada ibu hamil..

Terimakasih dan semoga bermanfaat..!!


EmoticonEmoticon