Sunday, June 9, 2019

Trik Mengendalikan Penyakit Diabetes

Hal yang paling penting dilakukan oleh para pasien penyakit diabetes melitus adalah menjaga pola makan yang tepat. Namun tidak kalah pentingnya juga untuk mengetahui pola makan yang bisa menangkal kondisi penyakit yang sering disebut sebagai penyakit gula ini..

Diabetes melitus merupakan penyakit yang merusak kinerja tubuh didalam memanfaatkan glukosa atau gula darah. Glukosa merupakan zat yang sangat penting untuk semua sel tubuh sebagai sumber energi seperti sel-sel otak, jantung dan otot..

Hormon insulin dibutuhkan tubuh untuk memanfaatkan glukosa ini. Akan tetapi pada penderita diabetes tubuh tidak bisa menghasilkan insulin atau insulin tidak berfungsi sebagaimana mestinya..

Pada tubuh seseorang yang menderitapenyakit diabetes tubuh tidak bisa membaar gula sebagai sebuah energi, sehingga tubuh kelebihan glukosa dalam darah. Hal ini bisa memberikan masalah kesehatan yang serius pada tubuh..

JENIS – JENIS PENYAKIT DIABETES..

Penyakit diabetes dibagi kedalam 2 kategori :

1. Diabetes tipe 1: Untuk jenis ini, tubuh penderita sama sekali tidak memproduksi hormon insulin, diperkirakan sekitar 10 % dari seluruh kasus diabetes yang ada diseluruh dunia.

2. Diabetes tipe 2 : Pada jenis ini, tubuh tidak bisa memproduksi hormon insulin yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik untuk membakar glukosa. Diabetes tipe 2 ini yang paling banyak diderita oleh pasien diabetes, diperkirakan 90 % penderita masuk kedalam diabetes tipe 2 ini.

MENGENAL JENIS MAKANAN YANG RAMAH DIABETES..

Untuk para penderita diabetes penting sekali untuk menjaga pola makan yang sehat yang kaya akan nutrisi, rendah lemak dan kalori. Pola makan sangat berperan sekali dalam perkembangan penyakit diabetes ini dan juga selama proses pengobatan yang sedang dijalani oleh penderita diabetes..

Untuk para penderita diabetes tipe 2 sebaiknya melakukan diet dan mengurangi berat badan, hal ini bisa membantu untuk mengendalikan kadar gula darah dan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh..

1. Karbohidrat kompoleks. 

Untuk para penderita diabetes, cobalah untuk fokus pada makanan karbodidrat yang sehat, seperti buah-buahan, biji-bijian utuh, kacang-kacangan dan produk susu yang rendah lemak. Sebaiknya menghindari karbohidrat rafinasi seperti roti putih dan nasi putih, karena makanan ini bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Pilihlah sereal yang mengandung kadar gula rendah yang terbuat dari biji-bijian utuh. Perhatikan juga kandungan nutrisi yang tertulis pada kemasan ketika sedang memilih..

2. Ikan dan daging tanpa lemak. 

Ikan dan daging memiliki kandungan protein yang tinggi, dan kandungan protein ini tidak mempengaruhi tingkat gula darah sebagaimana karbohidrat. Untuk penderita diabetes daging rendah lemak, ikan, dada ayam tanpa kulit, merupakan pilihan makanan yang tepat. Tetapi tetap harus dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan..

3. Makanan Kaya Serat. 

Makanan yang mengandung serat tinggi dapat membantu menurunkan risiko terkena sakit jantung dan juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Makanan kaya serat bisa didapat pada makanan seperti : buah-buahan, tepung gandum, kacang-kacangan dan juga biji-bijian..

4. Kayu Manis. 

Rempah yang satu ini disebut memiliki efek yang serupa dengan insulin dan juga bisa menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Pada sebuah penelitian di Jerman menyebutkan kayu manis memiliki efek yang moderate dalam mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes..

Untuk pengobatan para penderita diabetes hal yang terpenting adalah melakukan pola hidup sehat, dan dikombinasikan dengan meminum obat yang diberikan oleh dokter..

Dengan pola makan sehat ini selain bisa mencegah perkembangan diabetes juga bisa mencegah gangguan kesehatan lain yang dipicu oleh penyakit diabetes. Terimkasih dan semoga bermanfaat..


EmoticonEmoticon