Sunday, June 9, 2019

Tanaman herbal dan khasiatnya

Sebenarnya di sekitar kita telah tersedia tanaman herbal dan khasiatnya untuk penyembuhan penyakit pada tubuh. Secara umum, khasiat dari tanaman herbal ini ampuh dan manfaatnya telah dipercaya secara turun temurun. Sekarang, ilmu medis juga telah mengakui khasiat dari tanaman ini dan menjadikannya sebagai obat herbal alternate penyembuhan penyakit. Apa saja tanaman herbal dan khasiatnya?

1. Temulawak

Temulawak ampuh menyembuhkan penyakit karena kandungan kurkumin di dalamnya. Fungsi dari kurkumin ini bisa dijadikan obat anti radang dan juga obat anti racun. Selain itu temulawak juga bisa mencegah dan mengobati penyakit hepatitis B..

2. Lengkuas

Tanaman ini lebih dikenal sebagai bumbu masak. Namun ternyata lengkuas juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Lengkuas bisa mengobati sakit kepala, rematik, dan juga diare. Lengkuas ternyata ampuh untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti panu. Untuk mengobati panu, iris lengkuas lalu memarkan, setelah itu oleh pada kulit yang terkena panu..

3. Pasak Bumi

Pasak bumi adalah tanaman herbal asli Indonesia yang banyak tumbuh di daerah Kalimantan. Tanaman ini tumbuh liar sehingga untuk mendapatkannya, orang harus mencarinya di hutan. Pasak bumi ampuh dipakai untuk meningkatkan kadar testosterone pada pria sehingga bisa menambah gairah seksual. Selain itu pasak bumi bisa menyembuhkan pria yang mengalami ejakulasi diri. Penyajian dari tanaman ini ada yang mengemasnya menjadi the maupun dalam bentuk kering sehingga konsumen harus merebusnya sendiri..

4. Lidah Buaya 

Tanaman lidah buaya ini telah lama dipakai untuk perawatan tubuh dan kecantikan. Lidah buaya ternyata sangat efektif untuk membuat kulit menjadi putih bebas noda hitam. Selain itu hal yang palling dikenal masyarkat adalah lidah buaya bisa menguatkan rambut, menghitamkan rambut dan juga menyehatkan rambut..

5. Mengkudu 

Tanaman ini dikenal karena memiliki bau yang khas saat  masak. Dibalik baunya yang khas ternyata mengkudu bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit kronis seperti jantung koroner. Mengkudu juga bisa menurunkan kadar kolesterol darah yang mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler..

6. Jahe 

Jahe ternyata juga masuk dalam tanaman herbal dan khasiatnya bisa dirasakan oleh tubuh. Tanaman jahe yang termasuk dalam tanaman rimpang ini selain untuk minuman penghangat badan ternyatajuga bisa menjadi obat. Jahe bisa digunakan untuk mengobati kencing batu. Caranya mudah yaitu dengan cara teratur meminum air rebusan jahe maka penyakit batu ginjal akan berkurang sedikit-demi-sedikit..

7. Daun Sirih 

Daun sirih bisa digunakan untuk mengobati mata yang iritasi maupun mata minus. Caranya adalah merebus beberapa lembar daun sirih. Air rebusannya kemudian dipakai untuk merendam mata yang sakit. Tentu air rebusannya yang sudah dingin terlebih dahulu.Selain itu sirih jug bisa dipakai untuk menyembuhkan keputihan pada wanita secara alami. Caranya adalah air rebusan daun sirih yang sudah dingin ini bisa dipakai untuk membasuh organ kewanitaan..

8. Asam 

Buah asam ini yang rasanya juga asam ternyata bisa untuk mengobati batuk, sariawan dan juga melangsingkan badan. Selain itu asam juga bisa digunakan para wanita untuk melancarkan haid. Penyajiannya juga cukup mudah yaitu buah asam ini tinggal dibuat minuman..

9. Sirsak 

Buah sirsak selain untuk memenuhi asupan vitamin tubuh ternyata mempunyai khasiat yang ampuh. Sirsak setelah diteliti ternyata bisa dijadikan obat untuk kanker. Kandungan antioksidan di dalam sirsak yang tinggi bisa dipakai juga untuk pencegahan kanker pada tubuh..

Tanaman-tanaman obat di atas sudah ada disekitar kita. Namun terkadang kita belum tahu fungsi dan khasiat yang luar biasa di dalamnya. Bisa dilihat bahwa tanaman herbal dan khasiatnya bisa dikonsumsi baik untuk penyembuhan suatu penyakit maupun untuk pengobatan sebagai pilihan lain selain jalan medis..


EmoticonEmoticon