Thursday, May 30, 2019

Berbagai Macam Penyakit Kista Pada Wanita

Macam-Macam Penyakit Kista Yang Menyerang Area Reproduksi wanita. selama ini kita hanya menyebutnya secara umum yaitu kista, ternyata salah satu penyakit yang ditakuti wanita ini mempunyai nama tersendiri atau masing-masing..

Berikut Macam-Macam Nama Penyakit Kista..!!

Bagi anda yang belum apa saja nama-nama penyakit kista itu? yuk membaca artikel ini hingga tuntas.

1. Kista Korpus Luteum 

Adalah salah satu jenis penyakit kista yang paling sering terjadi, biasanya tidak menunjukan gajala yang menonjol dan berukuran 2-6 cm diameternya. Ketika telur keluar dari ovarium menuju rahim, maka folikel dapat terkunci dan terisi darah ataupun cairan, dan hal inilah yang membentuk kista jenis corpus luteum. Rasa sakit yang luar biasa akan terasa ketika ukurannya menjadi bertambah besar dan menyebabkan batang ovarium terlilit dan biasanya solusi melakukan tindakan operasi pengangkatan kista..

2. Kista Hemorrhagic 

Yaitu timbulnya pendarahan dalam kista fungsional, dan gejala yang biasa menyertainya adalah kram pada perut..

3. Kista Dermoid 

Biasanya menyerang kaum wanita yang berusia lebih muda dan dapat tumbuh besar hingga mencapai 15 cm dan berisi tidak hanya cairan akan tetapi lemak, rambut, jaringan tulang rawan. Penyakit kista jenis ini dapat menimbulkan peradangan dan menyebabkan posisi tuba fallopi terlilit..

4. Kista Endometrium 

Dapat terjadi karena jaringan lapisan rahim (endometrial) hadir dalam ovarium wanita. Kista ini biasanya berisi darah kecokelatan dan memiliki ukuran yang berkisar antara 2 – 20 cm. kista endometrium ini memiliki karakteristik, yaitu menyerang kaum wanita pada usia reproduksi, menimbulkan rasa sakit yang luar biasa ketika wanita tersebut haid, dan yang paling berbahaya adalah dapat mengganggu kesuburan..

5. Kista Denoma 

Yaitu bila tumor terbentuk dari jaringan ovarium. Tumor jenis ini biasanya berisi cairan dan dapat berukuran sangat besar, bahkan dapat mencapai 30 cm atau lebih..

Jadi itulah macam-macam penyakit kista yang kurang familiar. informasi tambahan mengenai penyakit kista dan semua wanita harus mengetahuinya..

>> Polysystic-appearing ovary adalah suatu kondisi dimana kista-kista kecil terbentuk disekeliling luar ovarium. Kondisi ini dapat terjadoa pada wanita normal maupun pada wanita yang mengalami gangguan hormon endokrin.

>> Sindrom Polisistik Ovari ( Polycystic Ovarian Syndrom – PCOS) adalah suatu keadaan dimana ditemukannya banyak kista dalam ovarium, dan hal ini dapat terjadi karena ovarium memproduksi hormon andorgen dalam jumlah yang berlebih dan bisa terjadi karena ada faktor genetik atau keturunan.

PCOS ini memiliki ciri-ciri yaitu : bulu lebat tumbuh, wajah berjerawat, atupun gangguan siklus haid. Dan jika terjadi dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan komplikasi berupa meningkatnya resiko penyakit jantung, kolesterol, diabetes mellitus, tekanan darah tinggi yang terjadi akibat resistansi insulin. Selain itu juga dapat meningkatkan resiko penyakit kanker endometrium apabila jarak antara periode haid > 60 hari.

Penyakit PCOS ini juga sering diasosiasikan dengan infertilitas, meningkatnya resiko keguguran ketika hamil dan komplikasi kehamilan serta pendarahan di luar siklus haid. Dan sangat disayangkan bahwa pada faktanya penyakit kista ini menimpa 4-7 % wanita pada usia reproduksi..


EmoticonEmoticon